Sabtu, 06 April 2013

Tulisan Softskill4

Nama : Kartika Meylani
NPM : 24212031
Kelas :1EB18

PENGARUH UKM GO ONLINE DI INDONESIA TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA
I.                  PENDAHULUAN

UKM adalah salah satu sektor ekonomi yang sangat diperhitungkan di Indonesia karena kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari perannya dalam pertumbuhan ekonomi nasional, produk domestik bruto (PDB) yang diciptakan, nilai tambah nasional, serta penyerapan tenaga kerja. Sementara itu, dalam era ekonomi global saat ini, UKM dituntut untuk melakukan perubahan guna meningkatkan daya saingnya. Salah satu faktor penting yang akan menentukan daya saing UKM adalah go online atau penggunaan teknologi informasi (TI).

II.               ISI
Sebanyak 100.000 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia didorong untuk dapat beraktifitas secara online mulai tahun 2013. Dengan sistem ini, diharapkan UKM mampu menembus pasar global tanpa ada batas wilayah.
Saat ini, UKM-UKM di Indonesia masih dibebani berbagai biaya yang tidak relevan saat awal memulai bisnis, sehingga menjadi penghambat untiuk berkembang dan go global.
Pelaku UKM sebagai pendukung perekonomian di Indonesia mencapai 22 persen atau 55 juta dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 244 juta jiwa. Namun belum ada satu persen atau sekitar 75.000 yang "go online". Padahal, indikator kesejahteraan bangsa dapat dicapai jika jumlah penduduk yang berprofesi sebagai entepreneur minimal dua persen, dan pemanfaatan akses internet cepat atau broadband mendekati angka 30 persen. 
Berdasarkan statistik, terdapat 17 juta UKM di Indonesia, namun hanya 75 ribu UKM yang telah memiliki website. Dengan adanya program ini, bisnis UKM yang belum online dapat segera go online dalam waktu kurang dari satu hari kerja hingga website mereka beroperasi.
Melalui Bisnis Lokal Go Online, UKM dapat membuat website dan mendorong mereka aktif secara online dalam waktu satu tahun ke depan. Bagi 100 UKM pendaftar pertama, akan memperoleh website, domain, dan  hosting gratis selama satu tahun ke depan. Sedangkan, untuk tahun berikutnya, UKM akan dikenakan biaya US$ 12 per tahun.


III.           PENUTUP
Maka dari itu, dengan meningkatnya penggunaan internet, demikian juga peluang bagi usaha kecil. Perlu diingat bahwa internet sudah memberikan kontribusi 1,6% per tahun bagi perekonomian Indonesia, dan persentase ini diperkirakan akan meningkat 3 tahun ke depan.

IV.           DAFTAR PUSTAKA
·            http://www.bisnisgoonline.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar