NPM : 24212031
Kelas :1EB18
PENGARUH
UKM GO ONLINE DI INDONESIA TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA
I.
PENDAHULUAN
UKM adalah salah satu sektor ekonomi yang sangat
diperhitungkan di Indonesia karena kontribusinya terhadap perekonomian
Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari perannya dalam pertumbuhan ekonomi
nasional, produk domestik bruto (PDB) yang diciptakan, nilai tambah nasional,
serta penyerapan tenaga kerja. Sementara itu, dalam era ekonomi global saat
ini, UKM dituntut untuk melakukan perubahan guna meningkatkan daya saingnya.
Salah satu faktor penting yang akan menentukan daya saing UKM adalah go online
atau penggunaan teknologi informasi (TI).
II.
ISI
Sebanyak
100.000 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia didorong untuk dapat
beraktifitas secara online mulai tahun 2013. Dengan sistem ini, diharapkan UKM
mampu menembus pasar global tanpa ada batas wilayah.
Saat
ini, UKM-UKM di Indonesia masih dibebani berbagai biaya yang tidak relevan saat
awal memulai bisnis, sehingga menjadi penghambat untiuk berkembang dan go global.
Pelaku
UKM sebagai pendukung perekonomian di Indonesia mencapai 22 persen atau 55 juta
dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 244 juta jiwa. Namun belum ada
satu persen atau sekitar 75.000 yang "go online". Padahal, indikator
kesejahteraan bangsa dapat dicapai jika jumlah penduduk yang berprofesi sebagai
entepreneur minimal dua persen, dan pemanfaatan akses internet cepat atau
broadband mendekati angka 30 persen.
Berdasarkan
statistik, terdapat 17 juta UKM di Indonesia, namun hanya 75 ribu UKM yang
telah memiliki website.
Dengan adanya program ini, bisnis UKM yang belum online dapat segera go online dalam waktu kurang dari satu hari
kerja hingga website mereka beroperasi.
Melalui
Bisnis Lokal Go Online, UKM dapat membuat website dan mendorong mereka aktif secara online dalam waktu satu tahun ke depan. Bagi
100 UKM pendaftar pertama, akan memperoleh website,
domain, dan hosting gratis
selama satu tahun ke depan. Sedangkan, untuk tahun berikutnya, UKM akan
dikenakan biaya US$ 12 per tahun.
III.
PENUTUP
Maka dari itu, dengan meningkatnya
penggunaan internet, demikian juga peluang bagi usaha kecil. Perlu diingat
bahwa internet sudah memberikan kontribusi 1,6% per tahun bagi perekonomian
Indonesia, dan persentase ini diperkirakan akan meningkat 3 tahun ke depan.
IV.
DAFTAR PUSTAKA
·
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/11/072376631/Google-Luncurkan-Bisnis-Lokal-Go-Online-bagi-UKM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar