Minggu, 28 April 2013

TUGAS 2 -PEREKONOMIAN INDONESIA-


Tugas Kedua:
Soal 1 :
Sebutkan perbedaan berbagai macam sistem ekonomi diatas

Jawaban:




Sistem Perekonomian Pasar
-          bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu)
-          barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan
-          Hak milik individu diakui
-          Swasta sebagai pelaku ekonomi
-          Pemerintah sebahai pengawas
-          Ekonomi diatur oleh kekuatan pasar dan uang 
Sistem Perekonomian Perencanaan
-            Semua sumber daya ekonomi dimiliki dan dikuasai oleh negara.
-            Seluruh kegiatan ekonomi harus diusahakan bersama. Semua perusahaan milik negara sehingga tidak ada perusahaan swasta.
-            Segala keputusan mengenai jumlah dan jenis barang ditentukan oleh pemerintah.
-            Harga-harga dan penyaluran barang dikendalikan oleh negara.
-            Semua warga masyarakat adalah karyawan bagi negara
-            Hak-hak pribadi tidak diakui
 Sistem Perekonomian Campuran
-            merupakan penggabungan anatara mekanisme pasar dengan campur tangan pemerintah.
-            Diakuinya hak kepemilikan pribadi dalam sistem ekonomi campuran ini tidak membuat semua faktor produksi yang vital / penting juga bisa menjadi kepemilikan pribadi karena kepemilikan faktor produksi yang vital akan  tetap diatur dan diawasi oleh pemerintah.
-            pemerintah akan memberikan jaminan sosial serta mengupayakan pemerataan distribusi pendapatan
-            walaupun harga-harga ditentukan oleh mekanisme pasar, namun bila diperlukan pemerintah juga perlu mengadakan pengawasan serta koreksi terhadap harga-harga tersebut.
-            Penerapan sistem ekonomi campuran ini akan mengurangi berbagai kelemahan dari sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi komando yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat karena berimbangnya peran pemerintah dan swasta dalam menjalankan kegiatan perekonomian.

Soal 2 :

Jelaskan perekonomian Indonesia pada masa sebelum orde baru, berdasarkan demokrasi ekonomi

Jawaban :

Sejak berdirinya negara Indonesia banyak sudah tokoh-tokoh negara pada saat itu telah merumuskan betuk perekonomian yang tepat bagi Indonesia, baik secara individu maupun melalui diskusi kelompok.
Salah satunya adalah seorang tokoh ekonomi Indonesia pada saat itu, Sumitro Djojohadikusumo dalam pidatonya di negara Amerika tahun 1949, bahwa yang dicita-citakan adalah ekonomi semacam campuran. Namun demikian dalam proses perkembangan berikutnya, disepakatilah suatu bentuk ekonomi baru yang dinamakan sebagai sistem ekonomi Pancasila yang didalamnya mengandung unsur penting yang disebut Demokrasi EkonomI
Demokrasi Ekonomi memiliki ciri-ciri:
1.    Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas dasar kekeluargaan.
2.    Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
3.    Sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan dengan pemufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat, serta pengawasan terhadap kebijaksanaannya ada pada lembaga-lembaga perwakilan pula.
4.    Hak perorangan diakui dan pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
5.    Potensi, inisiatif dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.
Demokrasi Ekonomi biasa juga disebut dengan Sistem Ekonomi Pancasila ( SEP ). Sistem ekonomi pancasila mengambil beberapa kelebihan serta berusaha mengurangi kelemahan dari sistem ekonomi kapitalis dan ekonomi sosialis. Negara menguasai dan mengatur aset atau faktor produksi yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat ( contoh : pelabuhan, air minum , listrik , kereta api ), namun sektor swasta juga diberi kesempatan berusaha dibidang lain yang tidak dikuasai pemerintah.
Jadi, dalam sistem Ekonomi Pancasila harus dihindarkan sistem ekonomi liberal yang bebas maupun sistem ekonomi komando. Sistem ekonomi yang liberal akan menyebabkan eksploitasi atau pemerasan kepada manusia. Selain itu, dapat memunculkan persaingan yang tidak sehat, seperti monopoli atau pemusatan kegiatan ekonomi hanya pada kelompok masyarakat tertentu saja. Sebaliknya, sistem komando akan mematikan sektor swasta karena peran negara yang terlalu besar.

Soal 3 :

Berikan gambar ilustrasi untuk memperjelas soal no.2

Jawaban :

Keterangan : Pertamina merupakan BUMN yang menguasai sektor usaha Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Nasional sesuai dengan salah satu asas demokrasi ekonomi yaitu Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.


Keterangan        : Salah satu ciri demokrasi ekonomi adalah Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas dasar kekeluargaan maka dari itu sesuai dengan prinsip koperasi

DAFTAR PUSTAKA

NAMA:

Hening Yasinta (23212405)
Kartika Meylani (24212031)
Linka Angelia (24212225)
Nerissa Arviana (25212289)
kelas 1EB18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar